Selasa, 09 Desember 2008

Fraud dan Metoda Sekuriti pada Komunikasi Telepon Bergerak

Kejahatan dalam sektor telekomunikasi yang lebih terkenal dengan istilah fraud merupakan hal yang merugikan baik bagi customer maupun operator. Fraud tidak hanya terjadi pada sistem komunikasi tetap namun juga pada komunikasi bergerak. Fraud yang banyak terjadi dalam komunikasi bergerak adalah penggandaan identitas dan nomor telepon selular tertentu atau mencoba menyusup kepada jaringan telepon bergerak padahal tidak terdaftar sebagai customer pada operator telepon selular tersebut.

Fraud merupakan hal yang serius bagi operator komunikasi bergerak. Jumlah kerugian akibat fraud rata-rata mencapai 500 juta dollar setiap tahun dalam industri komunikasi bergerak di Amerika, yang merupakan suatu angka yang cukup besar untuk membangun jaringan sistem komunikasi baru. Banyak kejadian fraud pada komunikasi telepon gengam seperti pada kasus di Arizona dimana seorang melakukan 57 ribu kali panggilan interlokal maupun internasional selama 19 hari dengan menggunakan identitas palsu sehingga operator menderita kerugian sebesar sekitar 1 juta dollar. Akhirnya dapat ditangkap melalui kerjasama antara operator dan polisi setempat berikut sekitar 10 ribu microchip palsu termasuk komputer dan software yang dipergunakan untuk memprogram kembali chip pada telepon gengam lain.

Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mendeteksi fraud diantaranya adalah dengan melakukan encryption atau pengacakan informasi, pemblokan (blocking), verifikasi kastemer dan analisa pola trafik.

Tidak ada komentar: